Latihan Untuk Melatih Kekuatan Otot Punggung Adalah

Latihan Untuk Melatih Kekuatan Otot Punggung Adalah – ) dapat dialami oleh siapa saja dan seringkali membuat seseorang masuk rumah sakit. Profesor Frank Mayer, spesialis kedokteran olahraga dan ortopedi di Universitas Potsdam Jerman, menjelaskan bahwa 80% pasien menderita sakit punggung. “Hampir semua orang mengalaminya setidaknya sekali dalam hidup mereka. Penyakit ini kebanyakan menyerang mereka yang tidak aktif.”

. Menurut terapis kinesiologi dan rehabilitasi Natasha Freutel, berikut beberapa latihan yang bisa dilakukan di rumah:

Latihan Untuk Melatih Kekuatan Otot Punggung Adalah

Latihan Untuk Melatih Kekuatan Otot Punggung Adalah

Otot besar di area kepalan tangan. Ia bertanggung jawab untuk mengatur pergerakan panggul dan sekitarnya. Otot

Pull Up Adalah Bentuk Latihan Kekuatan Otot Tubuh Bagian Atas, Kenali Manfaatnya

Untuk melakukan ini, berbaring telentang dan letakkan kedua kaki di lantai, dibuka selebar pinggul. Letakkan tangan Anda di lantai, lalu tekuk lutut. Lalu, angkat pinggul hingga membentuk garis lurus (bahu tetap di lantai). Tahan posisi ini selama beberapa hitungan perlahan, lalu turunkan tubuh secara perlahan. Ulangi sebanyak 15 kali (1 set). Lakukan 3 set.

Untuk melakukan ini, letakkan kaki Anda di lantai dan pisahkan kaki Anda selebar pinggul. Lengan Anda bertumpu di sisi tubuh. Ambil napas dalam-dalam. Tarik hati Anda ke tulang belakang dan buang napas. Tanpa menggerakkan perut, rasakan otot perut Anda berkontraksi. Tahan posisi tersebut selama 5 detik dan ulangi sebanyak 5 kali.

Gerakan ini meningkatkan kekuatan dan daya tahan perut. Latihan ini akan membuat punggung bagian bawah Anda lebih kuat dan stabil saat Anda melakukan aktivitas yang fokus pada pinggul dan punggung.

Berbaring ke kiri/kanan. Luruskan tubuh Anda dari ujung kepala hingga ujung kaki. Bersandar pada lengan atas dan angkat tubuh Anda. Letakkan tangan Anda di lantai. Letakkan siku Anda tepat di bawah bahu Anda. Bersamaan dengan sit-up perut, angkat pinggul, luruskan tubuh, dan rapatkan kedua kaki. Jaga leher Anda sejajar dengan tulang belakang Anda. Tahan posisi ini selama 20-40 detik. Ulangi gerakan tersebut tiga kali untuk setiap sisi.

Amatilah Gambar Berikut Gerakan Pada Gambar Bertujuan Melatih Kekuatan Otot​

) melakukan peregangan sepanjang tulang belakang dan berupaya menjaga postur tubuh. Cara melakukannya: Berbaring tengkurap, tangan di depan kepala, kaki dibuka selebar pinggul. Angkat kedua lengan dan kaki sekitar 5 hingga 10 cm atau hingga Anda merasakan regangan pada punggung bagian bawah.

Kontraksikan otot perut Anda dan pastikan kepala Anda menghadap ke bawah untuk menghindari ketegangan pada leher Anda. Tahan posisi ini selama 2 detik, lalu kembali ke posisi awal. Ulangi 10 kali. (jie) 4 Latihan Pembentukan Otot Punggung Tanpa Peralatan yang Dapat Anda Lakukan di Rumah Diterbitkan: 2 Juli 2019 Terakhir Diperbarui: 10 November 2020

Tubuh yang atletis berarti tubuh yang besar dan berotot. Untuk mendapatkannya, Anda harus melakukan berbagai latihan yang dapat memperbesar ukuran otot Anda. Meski otot perut dan lengan biasanya menjadi fokus utama, Anda perlu memperkuat otot punggung agar tubuh terlihat lebih baik.

Latihan Untuk Melatih Kekuatan Otot Punggung Adalah

Otot yang kencang dapat meningkatkan rasa percaya diri, terutama pada pria. Selain itu, memiliki otot yang besar dapat mempercepat laju metabolisme Anda.

Melatih Kekuatan Otot Yang Benar

Ada beberapa latihan yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan otot punggung tanpa harus ke gym. Anda dapat melakukan latihan ini di rumah dengan peralatan apa pun. Untuk melakukan ini, Anda hanya perlu menggunakan lantai dan dinding ruangan.

Ingatlah untuk melakukan pemanasan sebelum mencoba latihan ini. Sangat penting untuk mengendurkan otot untuk mencegah kerusakan otot.

Gerakan-gerakan seperti Superman bisa Anda lakukan untuk melatih otot punggung. Pertama, baringkan badan menghadap ke bawah pada lantai yang dilengkapi alas. Pastikan bagian atas tangan dan kaki menghadap ke bawah.

Perlahan angkat tangan dan kaki Anda dari lantai, namun arahkan pandangan Anda ke lantai. Tahan posisi ini selama 10-20 detik.

Cara Membentuk Otot Lengan Dengan Latihan Kekuatan Otot

Kemudian perlahan kembalikan lengan dan kaki Anda ke posisi semula. Ulangi gerakan tersebut sebanyak tiga kali dan rasakan ketegangan pada otot punggung Anda.

Seperti gerakan Superman, letakkan tubuh Anda menghadap ke bawah pada permukaan yang ditopang. Rentangkan kaki Anda dengan tangan Anda.

Kontraksikan otot panggul Anda. Kemudian, dengan menggunakan tangan kanan dan kiri sebagai penyangga, angkat bahu secara perlahan.

Latihan Untuk Melatih Kekuatan Otot Punggung Adalah

Arahkan kepala Anda ke langit-langit seolah-olah Anda akan menyerang ular kobra predator. Tahan posisi ini selama 10-20 detik.

Cara Melakukan Pull Up Yang Benar Dan Lebih Kuat

Kemudian perlahan kembalikan dada Anda ke posisi semula. Ulangi gerakan ini sebanyak 10 kali hingga otot punggung Anda menegang.

Gerakan ini lebih banyak terjadi di lantai tertutup seperti gerakan Superman dan Cobra sebelumnya. Namun bedanya tangan kanan dan tangan kiri maju ke depan.

Sentuh jari tangan kanan dan tangan kiri. Lalu, kembalikan lengan Anda ke posisi awal. Perlambat gerakan ini.

Anda harus memastikan lengan Anda tetap lurus dan tidak bengkok. Lakukan 5 kali pengulangan latihan ini sebanyak 12 kali untuk hasil yang maksimal.

Latihan Otot Lengan, Perut, Punggung, Dan Kaki

Jika pada latihan sebelumnya Anda menggunakan lantai ruangan, untuk latihan ini Anda bisa menggunakan dinding ruangan. Pertama, berdiri tegak dengan badan pada jarak setengah meter dari dinding ruangan.

Condongkan tubuh dengan punggung menempel ke dinding dan buka sedikit lutut untuk menyeimbangkan tubuh. Kemudian sandarkan punggung Anda ke dinding dan turunkan punggung Anda.

Terus turunkan punggung hingga kaki Anda ditekuk pada sudut 90 derajat. Pastikan lengan, punggung, dan punggung Anda menempel ke dinding.

Latihan Untuk Melatih Kekuatan Otot Punggung Adalah

Tahan posisi ini selama 10-20 detik. Angkat punggung secara perlahan hingga tubuh Anda kembali sejajar. Pastikan punggung Anda menempel ke dinding.

Pahami, Pentingnya Latihan Kekuatan Otot Bagi Perempuan

Tim editorial berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami berkolaborasi dengan dokter dan profesional kesehatan dan menggunakan sumber terpercaya dari otoritas yang kompeten. Anda dapat memperoleh informasi lebih lanjut dari tim editorial kami.

Artikel ini hanya untuk tujuan informasi dan bukan merupakan diagnosis medis. kami menyarankan untuk dilanjutkan dengan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli di bidangnya.

Banyak dari Anda akan belajar cara membentuk perut dengan olahraga teratur seperti sit-up dan crunch. Tapi percayalah, ini cara yang salah. Duduk berlebihan dapat menyebabkan ketegangan pada tulang belakang. Jadi, daripada berfokus pada dua jenis latihan lama ini, mari kita lihat beberapa latihan yang efektif untuk membentuk perut:

Konten ini ditulis atau direview oleh tenaga kesehatan profesional dan didukung oleh setidaknya tiga referensi dan sumber yang kredibel.

Kenapa Membentuk Otot Penting Untuk Pelari?

Tim editorial berkomitmen untuk menyediakan konten yang akurat, komprehensif, mudah dipahami, relevan, dan berdampak. Anda dapat membaca editorial selengkapnya di sini.

Jika Anda mempunyai pertanyaan atau komentar mengenai artikel kami, Anda dapat menghubungi kami melalui WhatsApp di 0821-2425-5233 atau email ke [email protected] YOGYAKARTA – Punggung yang kuat merupakan bagian penting dari kesehatan yang baik. Otot punggung mendukung semua yang kita lakukan. Setiap orang harus menjaga kesehatan dan kekuatan otot punggungnya. Lantas, bagaimana cara melatih otot punggung dengan mudah?

Latihan otot punggung dapat dengan mudah dilakukan di gym atau di rumah. Anda yang malas keluar rumah hanya bisa melakukannya dengan bantuan barbel atau beban. Latihan untuk melatih otot punggung tergolong mudah, bahkan bagi mereka yang jarang berolahraga. Namun, jika ingin membuatnya kuat dan kencang, Anda bisa meminta saran dari pelatih kebugaran.

Latihan Untuk Melatih Kekuatan Otot Punggung Adalah

Di bawah ini adalah latihan untuk melatih otot punggung yang bisa Anda lakukan di rumah. Dengan jenis olah raga ini, anak-anak maupun orang dewasa dapat melakukan beban apapun tergantung tingkat energinya.

Cara Membentuk Otot Dada Yang Efektif Di Rumah

Sebagai bagian tubuh yang tidak terlihat, punggung berperan penting dalam postur, daya tahan, dan kekuatan. Punggung merupakan bagian yang menopang tubuh dari pinggang ke atas. Tanpa pemulihan, kinerja Anda akan menurun dan kurang maksimal.

Dikatakan sebagai latihan terbaik untuk memperkuat otot inti Anda. Latihan ini sangat bagus untuk memperkuat otot punggung Anda. Gerakan ini melatih otot erector spinae, multifidus, trapezius, rhomboids, glutes, hamstring, dan anterior paha.

Cara melakukan interval sangatlah sederhana. Pertama, ambil barbel atau beban yang ingin Anda angkat. Pegang beban dengan kedua tangan tepat di sisi kanan dan kiri tubuh Anda. Kemudian tekuk sedikit lutut dan turunkan tubuh. Tahan selama beberapa detik. Kemudian kembalikan tubuh Anda ke keadaan normal.

Gerakan ini melatih otot-otot seluruh tulang belakang. Beban yang Anda gerakkan berfungsi memompa kekuatan otot. Latihan ini juga akan memperkuat tulang belakang Anda sehingga tidak mudah cedera.

Tips Melatih Otot Punggung

Anda bisa mencoba latihan kedua untuk otot punggung Anda. Anda dapat dengan mudah membuat gambar. Pertama, cari tempat yang ada tiang atau batangnya. Pegang susunya. Kemudian angkat tubuh Anda dengan tangan. Tahan posisi tersebut selama beberapa detik, lalu turunkan lagi dan ulangi.

Namun, bagi sebagian orang, pull-up dianggap sebagai aktivitas yang sulit. Tingkat kesulitan latihan ini tergantung pada berat badan Anda. Semakin ringan berat badan Anda, maka akan semakin mudah untuk melakukan gerakan ini. Jika beban Anda cukup berat, Anda bisa menggantinya dengan gerakan latin.

Latihan selanjutnya yang bisa Anda coba untuk melatih otot punggung adalah dumbbell row. Gerakan ini bisa dengan mudah Anda lakukan dengan menggunakan alat berat seperti barbel.

Latihan Untuk Melatih Kekuatan Otot Punggung Adalah

Cara melakukannya sangat mudah dan sederhana. Pertama, carilah kursi atau tempat berdiri setinggi lutut. Pegang halter di satu tangan. Letakkan satu kaki dan satu tangan di atas tempat duduk, misalnya kaki dan tangan kanan Anda.

Macam Macam Bentuk Latihan Untuk Meningkatkan Kekuatan Otot

Tekuk punggung Anda secara horizontal. Tekuk kaki Anda sehingga lutut bertumpu pada kursi sebagai penyangga. Tangan kanan anda berada pada kursi yang lurus seperti kursi. Kaki kiri dan tangan yang membawa pengait diarahkan ke tanah. Kemudian angkat barbel dengan tangan Anda. Tanganmu bergerak

Leave a Comment